Indonesian English

Alternative flash content

Requirements

Pengamatan Satwa Liar (Wildlife Ecotour). Pengunjung dapat menikmati ragam biodiversitas hutan dataran rendah Tesso Nilo yang terdiri atas ratusan jenis burung, puluhan jenis mamalia termasuk primata. Beberapa kegiatan untuk pengamatan satwa liar adalah sbb;

1.       Pengamatan Burung (Birdwatching/Birding). Sekurangnya 120 jenis burung Sumatera ada di Tesso Nilo. Pengunjung dapat melakukan pengamatan burung di trek hutan (jungle trekking) pada pagi hari dengan diarahkan oleh Guide. Bagi pengamat burung tertentu misalnya raptor watcher, hornbil watcher atau pengamatan burung di malam hari, dapat melakukan kegiatan tersebut dipandu oleh guide yang berpengalaman. Bagi Twicher, anda dapat memberikan masukan jenis-jenis yang ingin anda lihat dan kemudian guide akan memberikan masukan pula jenis-jenis di Tesso Nilo dan mengarahkan untuk menemukan jenis ini di kawasan tersebut.

2.       Pengamatan mamalia (Mammals Trekking). Untuk Mamalia terutama primata, teridentifikasi sekurang-kurangnya 20 – 35 jenis mamalia penting di lokasi trek hutan. Pengamat mamalia dapat melakukan flying camp di dalam hutan dipandu oleh seorang guide.

3.       Pengamatan burung dan mamalia ini dapat dilakukan dalam beberapa hari atau minimal 2 hari pemantauan.

Pemantauan Harimau Sumatera (Tiger Monitoring). Pengunjung dapat melakukan kegiatan pemantauan terstruktur untuk harimau sumatera. Dilakukan dalam beberapa hari dan menggunakan berbagai jenis kamera dan video jebakan. Pengunjung dapat ikut dalam kegiatan survey, melakukan pengecekan lokasi, membuat transek sampai pemasangan kamera dan pengambilan kamera dalam jangka waktu tertentu. Pengunjung juga dapat ikut melalui agenda tim riset Harimau Sumatera dan tidak terbatas hanya Tesso Nilo saja, tetapi dalam lingkup Riau bagian Selatan.

Hidup bersama dengan masyarakat dusun terapung, Kuala Napu. Pengunjung dapat berkunjung ke Kampung terapung, Kuala Napu dan dapat tinggal di kampung tersebut bersama-sama dengan masyarakat. Pengunjung dapat mengikuti masyarakat tersebut bekerja atau mengambil ikan di sungai sebagai mata pencahariannya. Menikmati suasana dusun terapung di pagi hari dan sore hari sangat romantis dan menarik.

 

 

 

 

 

 

 

 


       WWF-Indonesia Program Riau
       Jalan Cemara Kipas No. 33
       Kel. Delima, Kec. Tampan, Pekanbaru - Riau
       Telp : +62 761 855006, Fax : + 62 761 32323
       Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


        Balai Taman Nasional Tesso Nilo
        Jl. Raya Langgan KM 4
        Pangkalan Kerinci, Pelalawan - Riau
        Telp/faxs: +62 761 494728
        Copyright 2012-2015, www.tessoniloecotour.com - All rights reserved.