Indonesian English

Alternative flash content

Requirements

 

Trek ekowisata saat ini berjumlah 9 buah yaitu;

1. Trek Gajah

  • Trek gajah merupakan trek untuk kegiatan patroli dan safari Gajah. Lokasi berdekatan dengan flying squad camp.

 

2. Trek Sepeda

Trek sepeda di wilayah akasia yang masuk ke dalam Taman Nasional Tesso Nilo. Total waktu untuk melakukan trek sepeda yang disediakan di dalam taman nasional 1 – 2 jam trip. Beberapa trek melewati Desa Lubuk Kembang Bunga.

3. Trek jalan di hutan (Jungle Trek)

Trek ini berjumlah 3 buah di zona pemanfaatan ekowisata taman nasional; di Lubuk Balai (disebut trek gaharu), trek Sawan dan Trek Meranti.

4. Trek sungai (River Trek)

Merupakan jalur trek sebagai rute pengunjung menggunakan pompong atau perahu kecil bermesin di Sungai Nilo

5. Trek Kuala Napu

Merupakan jalur trek menuju dusun terapung Kuala Napu. Lokasi di luar taman nasional Tesso Nilo dan tujuan akhir trek ini, pengunjung dapat melihat kehidupan dusun terapung Kuala Napu.

6. Trek Kano (sampan)

Trek ini belum digarap dan masih tahap perencanaan. Lokasi di sungai Sawan (2 jam dari Lubuk Kembang Bunga menyusuri sungai Nilo menggunakan pompong), untuk pengunjung dapat bersampan atau menggunakan kano.

7. Trek jalan di hutan alternatif (Alternative jugle trek)

Merupakan trek alternatif bagi yang ingin berpetualang di hutan Tesso Nilo. Panjang trek mencapai 20 km dan memerlukan waktu menginap di hutan untuk menyusuri semua trek ini.

8. Trek rehabilitasi lahan

Merupakan trek menuju ke Camp Rehabilitasi Lahan. Untuk menuju ke sana dapat menggunakan kendaraan 4D, motor atau jalan kaki.

9. Trek Sialang

Merupakan jalur trek menuju pohon sialang (pohon madu hutan) terutama bagi pengunjung yang ingin melihat pohon sialang atau ingin melihat pemanenan madu sialang di malam hari.

Flying Squad Camp

Merupakan Camp atau kantor lapangan bagi satu unit gugus tugas mitigasi konflik Gajah – Manusia kerjasama WWF-BBKSDA-Balai TN Tesso Nilo yaitu Elephant Flying Squad (Pasukan Gajah Reaksi Cepat) di Desa Lubuk Kembang Bunga. Unit mitigasi ini didirikan tahun 2004 untuk melakukan upaya mitigasi konflik (patroli, pengusiran dan penggiringan gajah liar) untuk desa Lubuk Kembang Bunga dan Air Hitam dengan mempergunakan minimal 4 ekor gajah jinak terlatih untuk pengusiran dan penggiringan gajah liar. Beberapa fasilitas di dalam camp adalah 7 ekor Gajah Jinak terlatih (4 individu gajah dewasa), camp utama flying squad, rumah istirahat mahout, home stay, ruang pertemuan terbuka dan kolam mandi gajah. Fasilitas lain adalah tempat sampah organik dan anorganik dimana pengunjung diwajibkan mematuhi aturan untuk membuang sampah yang benar dengan memisahkan organik dan anorganik sampah. Flying Squad di Lubuk Kembang Bunga ini sudah menerapkan standar operasional prosedur bagi upaya mitigasi konflik gajah – manusia dan bagi pengunjung ekowisata.


       WWF-Indonesia Program Riau
       Jalan Cemara Kipas No. 33
       Kel. Delima, Kec. Tampan, Pekanbaru - Riau
       Telp : +62 761 855006, Fax : + 62 761 32323
       Email : Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.


        Balai Taman Nasional Tesso Nilo
        Jl. Raya Langgan KM 4
        Pangkalan Kerinci, Pelalawan - Riau
        Telp/faxs: +62 761 494728
        Copyright 2012-2015, www.tessoniloecotour.com - All rights reserved.